Banner 728x90px

POTRET PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH


Total Kunjungan Anda:

Oleh : Angga Dharma Prasetya S.Pd


Pembelajaran dalam masa pandemi COVID-19 di SMK Muhammadiyah Berbah menggunakan model Blended Learning, yaitu untuk mata pelajaran teori seperti Muatan Nasional, Kewilayahan, dan Dasar Bidang Keahlian (C1) masih menggunakan metode daring sedangkan untuk mata pelajaran produktif seperti Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Pembelajaran tatap muka terbatas untuk mata pelajaran produktif dilaksanakan di semua kelas baik kelas X, XI, dan XII dengan sistem semi blok.



Pembelajaran dalam masa tanggap darurat COVID-19 di SMK Muhammadiyah Berbah diatur sebagai berikut:


Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Muatan Nasional, Muatan Kewilayahan, dan Dasar Bidang Keahlian (C1) dilaksanakan secara jarak jauh baik menggunakan metode Dalam Jaringan (Daring) maupun Luar Jaringan (Luring).



Desain Pembelajaran Daring


Pembelajaran daring diikuti oleh seluruh siswa baik dari kelas X, XI, XII.


Media yang digunakan untuk pembelajaran daring adalah Google Classroom, Whatsaap, Google Form, dan media internet yang lain.


Materi pembelajaran dapat diambil dari berbagai sumber internet.



Pembagian jam mata pelajaran daring dilaksanakan sesuai dengan struktur kurikulum yang ada, yaitu maksimal setara 9 jam pelajaran dalam 1 (satu) hari yang dimulai pukul 07.30 – 13.30.


Pelaksanaan pembiasaan tetap dilakukan dan dipantau secara daring, yaitu: Gerakan Literasi Sekolah (dimulai setiap hari pukul 07.00) dan Sholat Dzuhur (menggunakan jurnal ibadah).


Desain Pembelajaran Luring


Pembelajaran luring diikuit oleh siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring.


Pembelajaran luring menggunakan media modul, Lembar Kerja Siswa, Buku paket, Handout, atau sumber belajar yang lain.


Materi atau tugas pembelajaran luring dapat diambil dan dikumpulkan oleh siswa setiap hari Sabtu. Siswa diberikan waktu untuk mengerjakan tugas maksimal 1 minggu.


Khusus untuk mata pelajaran Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) kelas X, XI dan XII dilaksanakan secara tatap muka terbatas.


Desain Pembelajaran Tatap Muka Terbatas


Pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan sesuai dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.


Pembelajaran tatap muka terbatas diikuti oleh seluruh siswa dalam setiap kelas tanpa pembagian shift dengan memperhatikan kuota siswa yang hadir, yaitu 50% dari jumlah total siswa.


Pelaksanaan tatap muka terbatas

 dilaksanakan dengan sistem blok dan bergilir dengan kelas lain. Untuk kelas X dalam tiap pekan terdapat 1 (satu) hari tatap muka terabatas, sedangkan untuk kelas XI dan XII dalam tiap pekan terdapat 2 (dua) hari tatap muka terbatas. Sehingga dalam 1 (satu) hari maksimal terdapat 4 (empat) kelas yang melaksanakan tatap muka terbatas.


Pembagian jam mata pelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan sesuai struktur kurikulum yang ada, yaitu setara maksimal 9 jam pelajaran dalam 1 (satu) hari.


Waktu pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas mulai pukul 07.30 – 13.30.


Ruang pembelajaran diatur sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19, yaitu jarak antar bangku di kelas minimal 2 m dan setiap bangku hanya diduduki oleh satu peserta didik. 


Adapun pembagian jadwal pembelajaran daring dan tatap muka terbatas mata pelajaran produktif pada masing-masing kelas sebagai berikut:


No

Kelas

Jadwal Pembelajaran Daring

Jadwal Tatap Muka Produktif

1

X AKL

Senin, Selasa, Rabu, Jum’at dan Sabtu

Setiap kamis

2

X TB A

Senin, Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu

Setiap Selasa

3

X TB B

Senin, Selasa, Kamis, Jum’at dan Sabtu

Setiap Rabu

4

X TBSM A

Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, dan Sabtu

Setiap Senin

5

X TBSM B

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at

Setiap Sabtu

6

XI AKL

Senin, Selasa, Kamis, Jum’at

Rabu dan Sabtu

7

XI TB

Senin, Selasa, Rabu, Sabtu

Kamis dan Jum’at

8

XI TBSM A

Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu

Senin dan Selasa

9

XI TBSM B

Senin, Selasa, Jum’at, Sabtu

Rabu dan Kamis

10

XII AKL

Senin, Kamis, Jum’at, Sabtu

Selasa dan Sabtu

11

XII TB

Senin, Selasa, Rabu, Sabtu

Kamis dan Jum’at

12

XII TBSM A

Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu

Senin dan Selasa

13

XII TBSM B

Senin, Selasa, Jum’at, Sabtu

Rabu dan Kamis

 

Dari pengaturan pembelajaran daring dan tatap muka mata pelajaran produktif yang sudah dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Berbah masih terdapat beberapa kendala yang sampai saat ini masih sering ditemui. Namun demi berlangsungnya pembelajaran selama masa pandemi ada beberapa solusi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran agar tidak menghambat jalannya pembelajaran daring, antara lain:


Kendala dan Solusi pembelajaran daring


No

Kendala

Solusi

1.

Masih banyak siswa yang tidak memiliki kuota internet, hanya memiliki kuota chat saja

Diadakan program bantuan paket data internet kepada siswa, agar semua siswa dapat mengikuti pembelajaran daring

2.

Masih banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas dikarenakan tugas terlalu banyak.

Diberikan waktu yang lebih longgar kepada siswa agar dapat mengumpulkan tugas dan setiap pertemuan guru tidak harus memberikan tugas.  

3.

Siswa merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru secara daring.

Guru dianjurkan untuk membuat materi yang lebih menarik, seperti dikaitkan dengan video dalam kesaharian.

4.

Guru belum mampu memaksimalkan media pembelajaran online

Dilaksanakan workshop tentang media pembelajaran online seperti Google Classroom.

5.

Masih banyak siswa yang belum aktif mengikuti pembelajaran daring dengan alasan bangun kesiangan, bekerja, membantu orang tua.

Diberikan motivasi kepada siswa dan orang tua agar dapat membatu proses belajar di rumah, dan wali kelas selalu memantau siswa di grup whatsapp

 

Kendala dan Solusi Tatap Muka Mata Pelajaran Produktif

No

Kendala

Solusi

1.

Masih ada siswa yang tidak berangkat mengikuti Tatap muka produktif

Dilakukan pembinaan dan sosialisasi secara berkala, jika masih tidak berangkat dialkukan home visit ke rumas siswa.

2.

Masih ada siswa yang terlambat ketika mengikuti tatap muka produktif

Dilakukan pembinaan terkait tata tertib dan kedisiplinan yang berlaku di Sekolah.

3.

Ada siswa yang belum tertib protokol covid-19

Tim satgas covid sekolah melakukan sosialisasi secara rutin kepada siswa yang mengikuti tatap muka produktif

4.

Terbatasnya waktu pembelajaran tatap muka,

Dilakukan pemetaan terkait Kompetensi yang esensial dan yang akan diterapkan untuk persiapan PKL ataupun UKK.

 

 

*Tulisan ini juga termuat dalam Kurikulum SMK Muhammadiyah Berbah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Web SMKMuhberbah.com menggunakan dofollow, untuk memberikan apresiasi sedikit backlink kepada yang mau sudi mampir dan berkomentar.
Namun kami tidak menerima komentar berupa spam sehingga kami memoderasi setiap komentar, dan akan kami menghapus selamanya setiap komentar dengan link hidup.
Terima kasih