Banner 728x90px

Arti sebuah kelulusan


Saat detik-detik pengumuman kelulusan adalah saat menegangkan bagi siswa-siswi SMP kelas IX maupun SMA/K/MA kelas XII, saat pengumuman kelulusan sudah diluncurkan banyak pihak merasa lega dan puas walau ada beberapa yang sedih karena tidak lulus. Bagi sebagian kelulusan dirayakan dengan euforia yang berlebihan dengan coret-coret baju dan berbagai tindakan yang tidak seharusnya dilakukan oleh remaja.
Kelulusan merupakan suatu awal untuk menuju ke hal yang lebih berat, tidak semua orang bisa menerima perubahan dalam kehidupan dengan cepat, jika awal kehidupan yang baru disikapi dengan kurang bijak bisa jadi dapat menyebabkan salah arah dalam memilih langkah.
Untuk SMK Muhammadiyah Berbah sendiri sampai detik ini saya berada di SMK Berbah belum pernah menemui siswa/i nya yang melakukan euforia berlebihan dalam menyikapi kelulusan semisal coret-coret dan lain sebagainya. Peserta didik SMK Berbah sudah diarahkan untuk menyikapi setiap kelulusan dengan bijaksana. Sejak diadakannya UNAS oleh Pemerintahan Indonesia Alhamdulillah Peserta Didik SMK Berbah selalu lulus semua dengan nilai yang sangat memuaskan, dan sebagai sekolah swasta yang baru berkembang pernah menduduki peringkat pertama nilai kelulusan se sekolah Swasta di Kabupaten Sleman.
Jadi boleh disimpulkan keberhasilan dari pendidikan di SMK Berbah sudah memenuhi standar, dengan merujuk dari tingkat kelulusan dan output yang ada.